KEMBALI Lestarikan Hutan

  • Minggu, 27 Oktober 2019 - 09:47:56 WIB
  • Administrator
KEMBALI Lestarikan Hutan

Gawar Gong : Pelestarian Hutan merupakan suatu tindakan yang harus kita tetap lakukan dan tanamkan pada generasi muda kita, dengan melihat kondisi hutan kita saat ini yang sudah mengalami kerusakan tak terkendali sebagai akibat dari keegoisan manusia mengeksploitasi hutan dan alam kita. Dampak dari kerusakan hutan dapat dirasakan masyarakat kita saat ini, dimana terjadi perubahan iklim yang kat menentu serta perubahan cuaca yng cukup ekstim. Masyarakat Kecamatan Wanasaba khususnya, akhir-akhir ini, dapat merasakan cuaca yang kurang bersahabat sehingga cukup mengganggu aktifitas harian masyarakat.

Selain itu, dampak kerusakan hutan yang disasakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Wanasaba di beberapa wilayah dari beberapa Desa, yaitu berkurangnya debit air bersih ataupun air irigasi yang bersumber dari mata air yang berada di kawasan hutan, khususnya Hutan Gawar Gong Desa Beriri Jarak. Kondisi ini berbanding terbalik dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan air bersih dan irigasi sebagai akibat pertambahan jumlah penduduk, sehingga pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat tidak tercukupi seperti layaknya. Selain diakibatkan oleh kondisi umum dengan terjadinya musim kemarau, hal ini juga tidak terlepas dari kerusakan hutan yang berada di wilayah Kecamatan Wanasaba sebagai akibat adanya penebangan kayu hutan yang dilakukan oleh masyarakat secara ilegal. Kerusakan itu menyebabkan hutan tidak bisa menjalankan fungsinya secara optimal dalam rangka memelihara kelestarian mata air.

Sebagai kewajiban bersama untuk terus menjaga kelestarian alam dan hutan, Gerakan Pemuda Perubahan (GAPURA) Desa Beriri Jarak dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Gawar Gong bekerja dengan OASISTALA Kabupaten Lombok Timur mengadakan kegiatan Kemah Bhakti Lingkungan (KEMBALI) di Kawasan Hutan Lindung Gawar Gong Desa Beriri Jarak Kecamatan Wanasaba. Kegiatan KEMBALI ini dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai dengan 27 Oktober 2019 dengan tema "Bersatu, Berbakti Untuk Tanah Air" dan dirangkaikan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 89. Kegiatan KEMBALI ini diharapkan mampu membangkitkan KEMBALI semangat pemuda kita untuk terus berbuat kebaikan membangun negeri seperti dengan melakukan kegiatan pelestarian hutan.

Guna memberikan pendidikan pentingnya pelestarian hutan kepada pemuda, kegiatan KEMBALI ini diisi acara Talk Show dengan nara sumber dari unsur Balai Kesatuan Pengelola Hutan Lindung (KPHL) Rinjani Timur, unsur dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Lombok timu dan unsur dari Pegiat Lingkuan Hidup. Selain itu, kegiatan utama KEMBALI ini yaitu Penanaman 1.300 bibit Pohon Beringin oleh para peserta. 

Semoga kegiatan KEMBALI ini dapat tetap menjaga kelestarian hutan dan sumber mata air kita. (Agief)

#WanasabaBerbudaya

  • Minggu, 27 Oktober 2019 - 09:47:56 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait