MUSRENBANGDES RKPDES T.A. 2020 DESA JINENG KECAMATAN WANASABA

  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 14:50:34 WIB
  • Administrator
MUSRENBANGDES RKPDES T.A. 2020 DESA JINENG KECAMATAN WANASABA

Jineng : Musrenbangdes merupakan suatu rangkaian proses perencanaan pembangunan desa yang wajib dilaksanakan oleh desa, untuk menghasilkan produk perencanaan yang berkualitas dan benar-benar bersumber dari usulan prioritas kebutuhan masyarakat desa. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan Musrenbangdes dijadwalkan oleh Pemerintah Kecamatan, namun tahun ini, Camat Wanasaba menekankan kemandirian pada Pemerintah Desa untuk menentukan sendiri kapan pelaksanaan Musrenbangdes pada masing-masing desa dengan memperhatikan ketentuan waktu sesuai petunjuk yang berlaku.

Sehubungan dengan hal itu, pada hari Kamis, tanggal 31 Oktober 2019, Pemerintah Desa Jineng melaksanakan kegiatan Musrenbangdes RKPDes Tahun Anggaran 2020. Desa Jineng merupakan Desa Ketiga yang melaksanakan Musrenbangdes RKPDes di Kecamatan Wanasaba pada tahunn ini. Nuansa Musrenbang Desa Jineng kali ini cukup berbeda dengan yang sebelumnya dimana partisipasi masyarakat cukup tinggi dari semua unsur masyarakat, baik itu tokom masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan perwakilan perempuannya. Musrenbangdes ini juga dihadiri oleh Camat Wanasaba beserta TIm Pembina Teknis Pemerintahan Desa (PTPD) yang diketuai oleh Sekretaris Camat Wanasaba. Dalam kesempatan itu, hadir juga Kepala PKM Karang Baru beserta jajarannya. 

Dalam sambutannya Camat Wanasaba menekankan keseriusan semua unsur untuk berperan aktif dalam konvergensi penangan dan pencegahan stuntung. Beliau menambahkan pentingnya totalitas semua elemen untuk fokus membangun desa. Selain itu, Saharudin, S.STP, MM juga mengharafkan agar desa memiliki fokus pembangunan yang jelas, terutama dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat dan kemandirian desa. sementara itu, Kepala PKM Karang Baru dalam sambutannya menginformasikan kegiatan Akreditasi PKM Karang Baru yang rencananya akan dilaksanakan sekitar minggu ketiga bulan Nopember yang akan datang. Beliau juga mengharapkan dukungan semua pihak untuk ikut mensukseskan keberhasilan akreditasi PKM Karang Baru dimaksud.

Dalam ruang diskusi yang difasilitasi oleh Tim Pendamping Desa bersama Tim Penyusun RKPDes Desa Jineng, Muncul beberapa permasalahan yang perlu menjadi prioritas untuk segera dituntaskan, diantaranya masalah pengelolaan sampah, rencana pengembangan pemuda, Awig-awig desa sebagai pedoman berprilaku di desa dan lain sebagainya.

#WanasabaBerbudaya

  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 14:50:34 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya

Tidak ada artikel terkait